Surat Izin dari Sekolah

Pengertian Surat Izin Sekolah



Surat izin dari sekolah adalah surat yang dikeluarkan oleh pihak sekolah kepada orang tua siswa yang memberikan izin kepada siswa untuk tidak hadir di sekolah pada hari tertentu. Surat izin ini berisi alasan dan tanggal tidak hadirnya siswa di sekolah. Surat izin ini penting karena dapat membantu sekolah dalam melacak kehadiran siswa dan juga memastikan bahwa siswa tidak terlalu sering tidak hadir.


Alasan Surat Izin Sekolah Diperlukan



Surat izin dari sekolah diperlukan ketika siswa tidak dapat hadir di sekolah karena beberapa alasan seperti sakit, acara keluarga, atau keperluan penting lainnya. Dalam kondisi seperti ini, siswa harus mengajukan surat izin ke sekolah agar absensinya dapat dianggap sah dan tidak dihitung sebagai absen tidak sah.


Cara Mengajukan Surat Izin Sekolah



Untuk mengajukan surat izin sekolah, siswa harus mengisi formulir izin yang disediakan oleh sekolah. Formulir izin harus diisi dengan lengkap dan jelas, termasuk alasan dan tanggal tidak hadirnya siswa di sekolah. Setelah formulir diisi, orang tua siswa harus menandatanganinya dan mengembalikannya ke sekolah.


Contoh Surat Izin Sekolah



Berikut ini adalah contoh surat izin dari sekolah:
Kepada Yth,
Kepala Sekolah SMAN 1 Jakarta
Dengan hormat,
Saya sebagai orang tua dari siswa bernama Ahmad Farhan, kelas X-1, dengan ini memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat hadir di sekolah pada tanggal 1 Juli 2023 karena sakit.
Saya mohon agar permohonan izin ini dapat diterima dan absensi anak saya dianggap sah.
Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Hormat saya,
Bambang Susilo


Kesimpulan



Surat izin dari sekolah sangat penting untuk memastikan absensi siswa di sekolah tidak dihitung sebagai absen tidak sah. Siswa harus mengajukan surat izin ke sekolah ketika mereka tidak dapat hadir karena alasan tertentu. Surat izin harus diisi dengan lengkap dan jelas, dan harus ditandatangani oleh orang tua siswa sebelum dikembalikan ke sekolah.

close